JOBSHEET RANGKAIAN PARALEL RESISTOR


A. TUJUAN PRAKTEK

Setelah selesai praktek siswa harus dapat

  1. Menjelaskan dan memahami hubungan antara arus, tegangan dan resistansi dalam sebuah rangkaian parallel dengan benar .
  2. Menerapkan Hukum Rangkaian parallel resistor    dalam mencari kerusakan pada suatu rangkaian dengan benar.

B.     Teori Dasar     

Dalam suatu rangkaian paralel diterapkan Hukum Kirchoff I tentang arus dimana Jumlah arus pada titing cabang sama dengan nol (SI = 0).

Dari gambar disamping, bisa dilihat, I1 adalah arus masuk (tanda panah menuju titik cabang), sedangkan I2 dan I3 merupakan arus keluar (tanda panah keluar dari titik cabang). Jika arus masuk = arus yang keluar, maka didapat formula       I1 = I2 + I3

Besarnya tegangan pada resistor yang diparalel besarnya sama. Besar arus pada masing-masing cabang dipengaruhi oleh nilai resistornya. Besarnya tahanan total pada rangkaian dapat dihitung denga rumus :

 

C.  Peralatan Yang Dibutuhkan

  1. Multimeter                                             : 1  buah.
  2. Resistor                                                   : 680W,  1K, 2,7K
  3. Kabel penghubung (Jumper)          : Secukupnya.
  4. Power Supplay DC                               : 1 buah

D.  Langkah Kerja

  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
  2. Sesuai gambar 1. hitung besarnya  I1, I2, I3 dan I, serta R totalnya, Masukkan Hasil perhitungan tersebut pada tabel 1.
  3. Buat rangkaian seperti pada gambar 1.

    Gambar. 1

  4. Sebelum diberikan tegangan pada rangkaian tersebut, konsultasikan terlebih dahulu pada guru /instruktur, apakah rangkaian sudah benar/belum.
  5. Jika rangkaian sudah benar , hubungkan rangkaian dengan catu daya.
  6. Dengan skala ADC(mA) ukur Arus pada R1 ,R2 dan R3 .(perhatikan Skala dari Multimeter). Masukkan hasinya pada tabel 1.
  7. Dengan skala VDc  ukur tegangan pada  VR1 , VR2 dan VR3 pada R1 ,R2 dan R3.(perhatikan Skala dari Multimeter). Masukkan hasinya pada tabel 1.
  8. Matikan sumber DC dan lepaskan sambungan ke rangkaian. Dengan multimeter ukur besarnya R totalnya.
  9. Kembalikan peralatan dan bahan  ketempat semula. Jawab pertanyaan dan tugas !

Tabel.1

F.  Pertanyaan Dan Tugas

  1. Jelaskan mengapa ada perbedaan antara hasil pengukuran dan perhitungan
  2. Apa ada perbedaan besarnya arus yang mengalir pada masing-masing resistor ?Jelaskan mengapa bisa terjadi !
  3. Jika pada percobaan di atas ,tegangan dinaikkan menjadi 30 Volt, Berapakah besarnya arus yang mengalir pada masing-masing resistor tersebut ?

 

INSTRUMEN PENILAIAN UJI PETIK KERJA PROSEDUR

Skore :

A     = 80 – 100

B     = 65 – 79

C     = 55 – 64

D    = 40 – 54

E     = 0   – 39

One response to “JOBSHEET RANGKAIAN PARALEL RESISTOR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s