TIP MERAIH IMPIAN HIDUP


Hidup terkadang tidak mudah. Kecewa dan putus asa bisa saja terjadi ditengah jalan. Apa yang  diharapkan tak kunjung didapat, namun masalah baru sudah datang kembali. Rasa putus asa dan kecewa yang menumpuk terlalu lama akan minumbulkan rasa frustasi atau stres. Sehingga banyak orang bertindak secara irasional untuk menghilangkan stressnya. Alih-alih masalah terselesaikan, malah terkadang menimbulkan masalah baru. Perlu sikap dan tindakan yang benar sebelum masalah yang kita alami menimbulkan rasa frustasi yang berkepanjangan. Sikap itu antara lain :

  1. Disiplin

Disiplin memegang peranan penting yang akan membawa perubahan yang lebih baik pada diri manusia. Berusaha sekeras mungkin untuk menepati jadwal yang telah dibuat. Jangan selalu menolerir alasan yang sering kita munculkan jika ada jadwal yang tidak bisa kita laksanakan. Waktu tak akan pernah berjalan mundur dan tak akan terulang kembali. Dispilin terhadap waktu diperlukan sebagai pengatur ritme kerja. Efek positip kerja akan terus bermnculan jika kita bisa disiplin dan menghargai waktu. Tepati setiap janji yang sudah kita keluarkan, dalam kondisi apapun jangan pernah untuk melanggar janji. Secara psikologis melanggar janji akan merugikan kedua belah pihak. Secara vertikal Tuhan tidak senang melihat kita melanggar janji, karena janji adalah hutang dan harus dibayar. Ridlho dari tuhan sangat penting untuk keberhasilan hidup kita.

       2.  Target

Dalam menjalani kehidupan diperlukan suatu target . Dengan adanya target akan mebuat kita selalu termotivasi dan semangat dalam kerja maupun usaha. Sebaiknya target dibuat dalam dua kelompok, yaitu target jangka pendek dan jangka panjang. Keberhasilan dalam pencapaian target jangka pendek akan membuat kebahagian tersendiri dan memicu pencapaian target jangka panjang. Buatlah target baru jika sebuah target telah terpenuhi.

       3.   Keberanian

Dalam menjalani kehidupan kita harus selalu berani dalam memegang prinsip. Prinsip yang kita yakini benar secara universal harus kita pertahankan, jangan mudah merevisi atau mengalah terhadap prinsip orang lain.

       4.  Membaca Peluang

Ketepatan dalam membaca setiap peluang adalah awal dari sebuah keberhasilan. Terkadang peluang tidak datang dua kali dalam hidup kita. Keterampilan membaca peluang dapat dilatih dengan meningkatkan kepekaan  intuisi kita dengan menambah bahan-bahan bacaan, belajar dengan contoh kejadian disekitar dan juga melalui perenungan tentang segala sesuatu yang sudah  terjadi.

Terus berusaha meningkatkan kualitas hidup secara kontinyu akan menambah kemampuan kita dalam membaca sebuah peluang. Terkadang kita harus menunggu dan sabar (wait & see),  dalam menghadapi setiap peluang yang menghampiri kita.  Setelah waktu yang tepat kita putuskan dan mengambil peluang tersebut (attack action)

       5.  Humanitas Social

Manusia tidak bisa hidup sendiri, dan selalu memerlukan orang lain. Kita dituntut untuk selalu meningkatkan kepekaan social dalam menjalani kehidupan. Keberhasilan dalam hidup tidak hanya ditentukkan dengan banyaknya meteri yang kita kumpulkan. Namun kita memerlukan kepuasan kebahagian batin yang berlandaskan kalbu. Kebahagian batin dalam berinteraksi dalam keluarga maupun lingkungan social, akan meningkatkan kualitas akal dan pikiran. Yang pada ahirnya akan meningkat aktifitas kinerja kita. Maka berbagai upaya harus terus dilakukan untuk membangun humanitas social kearah yang baik.

       6.   Manajemen Resiko

Setiap keputusan dan aktifitas  mempunyai resiko untuk gagal. Maka dari awal kita harus siap secara sadar untuk menghadapi resiko terburuk. Alangkah baiknya kita selalu menyiapkan langkah cadangan jika mengalami kegagalan. Kalau perlu bisa lebih dari satu. Besarnya dampak kegagalan bisa diprediksi dari nilai/pentingnya hasil dari aktifitas yang kita lakukan. Semakin penting dan tinggi hasilnya. Semakin besar pula dampak yang akan kita terima jika gagal.

      7.  Doa

Manusia adalah pemain didunia ini, bukan penentu keberhasilan. Usaha yg telah kita lakukan akan sangat ditentukan oleh Tuhan sebagai kuasa tunggal seluruh umat manusia. Maka dekatlah selalu diri kita kepada-Nya. Karena tanpa izin dari-Nya kita bukan apa-apa dan tidak akan berhasil dalam menjalani kehidupan ini.

      8.  Realitis

Setelah usaha yang keras dan doa sudah kita lakukan. Maka sikap realistis perlu kita kembangkan untuk menyikapi hasil dari usaha yang sudah kita lakukan. Adakalanya usaha itu berhasil namun terkadang juga menemui kegagalan. Suatu keharusan untuk  selalu melihat kenyataan dan jangan hidup dalam dunia mimpi yang begitu indah. Jika mengalami kegagalan kita akan merasakan kecewa dan sedih. Namun  tidak boleh larut dalam kesedihan cukup lama. Karena kecewa dan kesedihan tidak akanm engubah apa-apa. Hidup masih panjang, masih banyak yang bisa dilakukan . Secepat mungkin lakukan introspeksi untuk menemukan titik penyebab kegagalan. Bila perlu mintalah bantuan orang lain yang bisa dipercaya untuk menemukan titik kesalahan

3 responses to “TIP MERAIH IMPIAN HIDUP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s