MENCARI JALAN KESEMPURNAAN II


Alangkah indahnya jika kita bisa meraih sebuah kesempurnaan, seperti seorang pengemis mendapatkan sedekah, seperti  seeorang kekasih yang mendapat cinta sepenuhnya dari orang yang dikasihinya.

Sempurna artinya tidak ada kesalahan (zero error), Dalam menjalani hidup bisakah kita mencapai kesempurnaan? Bisakah kita tidak pernah salah dalam kehidupan ini? Jawabannya tentu tidak, karena Sempurna adalah milik Sang Maha Sempurna, Tuhan yang menciptakan kita semua. Seorang anak kecil menggambar sebuah lingkaran dan mengulang-ulang terus sampai puluhan kali. Untuk apa ia mengulang-ulang hanya untuk sebuah gambar? Karena dia ingin gambar lingkarannya benar-benar bulat dan sempurna.

Dalam hidup kita pernah melakukan banyak kesalahan, dan ada resiko yang harus kita tanggung akibat kesalahan tersebut. Besarkah resiko tersebut? Tentu saja sangat tergantung dari nilai kesalahan yang kita buat. Artinya semakin kecil kita membuat kesalahan, maka makin kecil pula resiko yang harus kita tanggung.

Kesalahan adalah buah dari tidak kesempurnaan. Sempurna tidak mungkin kita raih, yang dapat kita lakukan adalah berusaha untuk mencapai Jalan Kesempurnaan. Berusaha dan terus  berusaha melakukan peningkatan kualitas hidup merupakan salah satu cara untuk mencapai kesempurnaan dihadapan Tuhan. Kualitas hidup seperti apa yang perlu ditingkatkan? Semua yang kita kerjakan dalam hidup ini harus kita tingkatkan:

  • Iman kepada pencipta, Sudahkah kita menyakini dengan sepenuh hati akan keberadaan Sang Pencipta.
  • Ibadah, Sudah kita beribadah dengan baik dan benar?
  • Ucapan, Apakah ucapan kita sudak baik, Masihkah kata-kata yang keluar dari mulut kita menyakitkan orang lain?
  • Perilaku, apakah perilaku kita sudah tidak membuat orang susah? Sudahkah kaki tangan dan gerakan kita dijalan Tuhan?

Semua itu kita harus ditingkatan waktu demi waktu untuk menggapai jalan kesempurnaan dalam hidup.

Kedamaian dalam hidup  di dunia ini bisa kita raih jika kualitas kehidupan kita terus beranjak naik. Berhenti dalam peningkatan kualitas hidup akan membawa kita jauh dari jalan kesmpurnaan. Nilai dari kesempurnaan selalu meningkat seiring waktu yang terus berjalan. Kita harus terus menerus mengejar ketertinggalan jika kita ingin selamat  dan mendapat kedamaian.

Menyerah bukan sebuah pilihan. Waktu terus berjalan dan usia terus berkurang. Kita tidak pernah tahu kapan nafas kita akan berhenti. Dengan jalan kesempurnaan ini mudah-mudahan ada sedikit keberanian kita tuk menemui Sang Pencipta dan Maha Sempurna kala ajal kelak menjemput kita AMIEN.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s