MENGUKUR ARUS LISTRIK YANG MENGALIR


  1. Atur Skala pada posisi DC mA (Arus listrik pada satuan mili ampere )

  2. Pasang jumper warna merah ke terminal + (positive) dan jumper warna hitam ke terminal  negative (com ). Kedua ujung Jumper tidak perlu di satukan, karena jarum tidak akan bergerak.

  3. Range pada multimeter untuk kondisi mengukur arus listrik sama dengan range yang dipakai untuk mengukur tegangan yaitu ada 3 buahyaitu : 0 – 10 V, 0 – 250 V dan 0 – 1000 V. Secara abstrak, satuan V diatas kita anggap mA. Titik 0 pada range tersebut terletak pada sebelah kiri.

  4. Pada skala tegangan mA, skala terdiri dari : 50 uA, 2.5 mA, 25 mA , 250mA dan 10A (kusus untuk skala 10 A akan dibahas kemudian).

  5. Tempatkan saklar pemilih pada salah satu skala tersebut. Skala harus lebih besar dari pada besarnya arus listrik  yang akan diukur (misal diketahui arus listrik  yang akan diukur 5 mA, maka skala harus lebih besar dari 5 mA, yaitu 25 mA.

  6. Jika besarnya arus listrik tidak diketahui tempatkan saklar pemilih pada posisi skala yang lebih tinggi (250 mA).

  7. Pada saat pengukuran apabila jarum tidak bergerak/bergerak sedikit sehingga susah dalam pembacaan turunkan posisi skala, sehingga mudah dalam pembacaan.

  8. Perhatikan pada gambar rangkaian seri di atas pada titil I yang akan diukur besarnya arus yang mengalir.   Jika skala sudah ditentukan, ukurlah besarnya arus listrik dengan cara jumper dihubungkan secara seri dengan komponen yang akan diukur. Jumper merah (+) dihubungan pada titik positif dan jumper hitam (-) dihubungkan pada titik negatif. Dalam menghubungkan kedua jumper tersebut tidak boleh terbalik karena akan menyebabkan jarum bergerak ke kiri, yang ahirnya akan merusakkan jarum dari multimeter dan mutimeter mengalami kerusakan serta tidak bisa di pakai lagi.

  9. Nilai Akhir (NA) adalah Nilai Pembacaan(NP) dikalikan dengan Skala (S) kemudian dibagi dengan Range (R).   NA = NP x(S/R)

One response to “MENGUKUR ARUS LISTRIK YANG MENGALIR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s